Koperasi Karyawan RSI Surakarta

PROFIL KOPKAR RSIS


A. Sejarah Singkat Berdirinya Kopkar RSIS
Koperasi Karyawan Rumah Sakit Islam Surakarta berdiri pada pertengahan tahun 1985 yang berlokasi di kompleks Rumah Sakit Islam Surakarta Jl.A.Yani-Pabelan-Kartasura-Sukoharjo, diatas tanah seluas 125 M2. Koperasi ini berdiri berawal dari kegiatan arisan oleh karyawan rumah sakit. Koperasi ini merupakan ide dari salah seorang karyawan yang melontarkan membentuk kelompok usaha bersama (koperasi) bagi karyawan rumah sakit, akan tetapi gagasan ini baru bisa terwujud pada awal tahun 1986.
Dengan tekad serta modal uang sebesar Rp. 75.000.- (tujuh puluh lima ribu rupiah) koperasi membuka usaha kecil-kecilan (toko, warung dan simpan pinjam). Usaha tersebut mendapat tanggapan dari pihak Yayasan dan Rumah Sakit Islam Surakarta memberi izin untuk menempati ruangan dengan ukuran 3 x 4 M2 untuk aktivitas usaha koperasi. Dari awal tahun berdirinya hingga satu dasa warsa menjalankan usahanya koperasi baru bisa disebut sebagai “koperasi-koperasian”. Hal ini disebabkan karena keterbatasan modal usaha dan belum mempunyai pengalaman tentang koperasi, disamping itu penanganan keadministrasian belum tertata dan belum dikelola secara professional.
Sejalan dengan pertumbuhan dan perkembangan Rumah Sakit Islam pada pertengahan tahun 1994 penerimaan karyawan baru rumah sakit yang memiliki kemampuan dalam mengelola organisasi koperasi. Atas dasar kepercayaan yang diberikan oleh anggota koperasi para karyawan baru tersebut diangkat sebagai pengurus untuk melakukan pembenahan organisasi dan mengembangkan usaha Kopkar.
Melihat perkembangan kopkar, pihak rumah sakit memberikan pinjaman modal sebesar Rp. 14.000,000.- (empat belas juta rupiah). Selain itu pihak rumah sakit juga memberikan izin hak guna bangunan di atas tanah seluas 125 M2, pengurus baru Kopkar diberi kepercayaan oleh Direksi untuk membangun gedung sendiri dan mengembangkan usahanya. Atas kepercayaan anggota dan dukungan penuh dari Direksi RS. Islam Surakarta dan berkat keuletan anggota koperasi terus memacu untuk senantiasa berbenah diri baik dari manajemen usaha maupun manajemen organisasi secara professional dan selalu siap menjadi mitra kerja RS. Islam Surakarta.
Berkat pengorbanan serta kerja keras dan kerjasama antar anggota koperasi, akhirnya usaha ini dapat memberikan pelayanan yang baik kepada para pelanggan/konsumen, maka pada tanggal 7 Desember 1995, Kopkar mendapatkan pengesahan akte pendirian koperasi primer nomor 12563/BH/KWK.II/XII/1995. Dengan disahkannya akte pendirian koperasi tersebut akhirnya memperoleh status badan hukum. Kopkar RSIS termasuk dalam Koperasi Serba Usaha ini terus meningkatkan omzet penjualannya melalui : memberikan pelayanan tidak hanya bagi anggota koperasi, tetapi juga bagi pasien dan keluarganya. Peningkatan kualitas produk, peningkatan jenis barang yang dijual, penyempurnaan dalam pelayanan terhadap anggota koperasi ataupun keluarga pasien. Koperasi ini juga memberikan pelayanan kredit tetapi hanya bagi anggota koperasi dan juga pelayanan simpan pinjam.
Selain itu Kopkar disamping berusaha meningkatkan dan mengembangkan usaha juga selalu memperhatikan kesejahteraan anggotanya.

B. Nama Perusahaan
Koperasi Karyawan Rumah Sakit Islam Surakarta ( Kopkar RSIS )
C. Tempat & Kedudukan
Rumah Sakit Islam Surakarta, Jl. Jend. A. Yani
Kelurahan Pabelan – Kecamatan Kartasura – Kabupaten Sukoharjo
D. Aspek Yuridis
Koperasi Karyawan Rumah Sakit Islam Surakarta telah berbadan hukum dengan No. 12563/BH/KWK.II/XII/1995 yang berkedudukan di Rumah Sakit Islam Surakarta dan beralamatkan di Jl. A. Yani – Pabelan – Kartasura – Sukoharjo.
Adapun kelengkapan lain dari Aspek Yuridis formal yang telah dimiliki oleh Koperasi Karyawan Rumah Sakit Islam Surakarta adalah :
1. Badan Hukum : No. 12563/BH/KWK.II/XII/1995
2. SIUP : No. 020/11.35/PM/V/1997/P.I
3. TDP : No. 11352520045
4. NPWP : No. 1.736.433.2 – 525
5. Kopkar Mandiri : No. 66/KEP/M/II/1998
6. Bank : – Bukopin Cabang Yarsis
– Bank Syariah Mandiri Cabang Surakarta
– Bank Muamalat Indonesia Cabang Surakarta
7. Diaudit oleh Akuntan
E. Susunan Organisasi Kopkar RSIS

PENASEHAT
Direksi RS. ISLAM SURAKARTA

SUSUNAN PENGURUS & PENGAWAS

SUSUNAN PENGURUS PERIODE 2008-2010
1. Ketua : Moh. Faizin Efendi, S.Psi
2. Bid. Adm – Umum & SDM : Suparno
3. Bid. Anggota : Suranto
4. Bid. Usaha : Suryatmojo, AMA
5. Bid. Keuangan : Teguh Priyono, S.E

SUSUNAN PENGAWAS PERIODE 2007 – 2008
1. Ketua : Dra. Bayu Sri Budiningsih, MM
2. Anggota : Suyamto, S.Kep
3. Anggota : Budi Santoso, AMK

Manager : M. Widodo, S.Psi

F. Karyawan Kopkar RSIS
Jumlah karyawan Kopkar RSIS adalah 96 orang, dengan kualifikasi Sarjana Psikologi (1), Sarjana Ekonomi & Akuntansi (4), Sarjana Teknik (1), Sarjana Agama (1), SMA (77), SMP (10), dan SD (2). Memiliki 1 (satu) orang Manajer dan 2 (dua) orang Asisten Manajer (Asman Usaha dan Asman Administrasi Umum & SDM) serta disetiap unit usaha memiliki 1 (satu) orang Koordinator. Standar gaji mengikuti UMK/ UMR yang berlaku dan mengikutsertakan pada program JAMSOSTEK.
G. Jenis Usaha
LKS (Lembaga Keuangan Syariah), Minimarket, Cafetaria, Parkir, Cleaning Service, Wartel, Photo Copy, Rental Mobil, Injektor, Properti, Ruang Promosi.

0

One Response to Koperasi Karyawan RSI Surakarta

  1. leena says:

    assalamualaikum mbak nanik, sukron, thank u, danke, arigato gozaimasu alias terima kasih. kebetulan saya lagi butuh sejarah singkat tentang berdirinya kopkar rumah sakit islam surakarta ini. moga2 melalui ini kita dapat menjalin persahabatan yang diridhoi allah swt. sekali lagi thank\’s ya mbak nanik. wassalamualaikum wr.wb

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: