Manfaat dan Khasiat Minyak Atsiri Daun Selasih Ungu (Ocimum sanctum Linn)

Manfaat dan Khasiat Minyak Atsiri Daun Selasih Ungu (Ocimum sanctum Linn)

Oleh : Asih Tugiyanti, S. Farm., Apt.

Tanaman merupakan sumber komponen kimia yang sangat kompleks. Manfaat setiap komponennya belum terungkap semua dan masih perlu digali. Gerakan back to nature atau gerakan hidup sehat dengan kembali ke alam sangat mendorong ke arah penggunaan tanaman sebagai bahan obat. Kenyataan di masyarakat dalam beberapa penyakit yang tidak dapat disembuhkan oleh dunia kedokteran atau farmasi, akhirnya beralih ke pengobatan tradisional. Salah satunya dengan menggunakan ramuan obat-obatan dari tanaman. Salah satu tanaman obat yang telah digunakan oleh masyarakat Indonesia untuk mengobati berbagai macam penyakit adalah tanaman selasih. Selasih dapat menghasilkan minyak atsiri (essential oil) dan minyaknya sering disebut basil oil (Kardinan, 2003).

Salah satu tanaman obat yang telah digunakan oleh masyarakat Indonesia untuk mengobati berbagai macam penyakit adalah tanaman selasih. Selasih dapat menghasilkan minyak atsiri (essential oil) dan minyaknya sering disebut basil oil. Minyak atsiri mempunyai aroma khas dan berbeda satu sama lain. Kegunaan tanaman ini sangat banyak, oleh karena itu tanaman ini disebut tanaman serbaguna. Dari bermacam-macam senyawa yang terdapat dalam selasih, minyak atsiri merupakan salah satu komponen yang mendapat perhatian secara komersial.

Tanaman selasih mengandung minyak atsiri, kandungan minyak atsiri tersebut terdiri dari ocimene, alpha pinene, encalyptole, linalol, geraniol, dan eugenol metil eter. Biji selasih mengandung zat kimia yaitu saponin, flavonoid, dan polifenol.

Manfaat

  • Parfum untuk badan
  • Kosmetik
  • Pengharum ruangan
  • Pengharum sabun
  • Pasta gigi
  • Pemberi cita rasa makanan.

Khasiat

1. Sebagai obat

Selasih berfungsi untuk menambah nafsu makan, membantu pencernaan, menyehatkan jantung, mengobati batuk, menurunkan panas, menghilangkan sesak napas, mengobati diare, mengobati eksim dan

koreng. Minyak atsiri daun selasih ungu (Ocimum sanctum Linn) mempunyai aktivitas antibakteri terhadap S. aureus dan E. coli .Sehingga berfungsi sebagai antibiotika.

2. Penghasil pestisida nabati

Selasih berfungsi sebagai atraktan hama lalat buah atau pemikat hama lalat buah.

3. Fungisida bakterisida, nematisida

Selasih merupakan fungisida untuk mengendalikan Pyricularia oryzae yang merupakan penyebab penyakit bercak dan busuk daun yang menyerang tanaman padi. Kandungan eugenol pada minyak atsiri daun selasih mampu menekan pertumbuhan nematoda tanaman lada.

4. Penghasil minyak atsiri

Minyak atsiri selasih berbau harum yang dikenal dengan nama basil oil, minyak ini digunakan sebagai bahan pembuatan parfum, shampo, terapi aroma.

5. Sayuran dan minuman penyegar

Daun selasih digunakan sebagai sayuran atau lalapan untuk menambah nafsu makan (appetizer). Selain daunnya, biji selasih juga sering dimanfaatkan sebagai bahan minuman penyegar. Biji selasih dapat menurunkan kolesterol, penambah daya ingat dan tonik.

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: